Monday, June 18, 2012

Perencanaan Transportasi dan Tata Guna Lahan


            Di era yang serba cepat seperti saat ini, peran transportasi sangat terasa. Transportasi merupakan turunan dari kebutuhan dimana transportasi digunakan pertama kali karena transportasi dibutuhkan dalam rangka untuk mencapai tujuan. Perencanaan yang baik diperlukan demi terciptanya suatu sistem transportasi  yang baik, apalagi di dalam perkotaan yang identik dengan permasalahan mengenai kesemrawutan akibat kepadatan.
                Perencanaan transportasi memiliki hubungan yang erat dengan hal yang menyangkut perencanaan perkotaan, contohnya adalah tata guna lahan. Bermacam-macam pola pengembangan lahan menghasilkan bermacam-macam kebutuhan akan transportasi dan sebaliknya, bentuk susunan sistem transportasi mempengaruhi pola pengembangan lahan. Lingkungan perkotaan, sistem transportasi dan pola tata guna lahan saling berpengaruh, dengan berubahnya salah satu bagian tersebut, akan menghasilkan perubahan pada bagian lain. Beda tata guna lahan, maka tingkat kegiatan dan perjalanannya pun berbeda pula. Diperlukan proses peramalan kebutuhan perkotaan agar tercipta rencana yang dapat menjawab masalah tertentu dan tercapainya keinginan akhir. Model peramalan adalah proyeksi yang dibuat berdasarkan pada kondisi saat ini guna mensimulasikan kondisi mendatang. Proses peramalan ini memungkinkan untuk menguji bermacam-macam skenario perencanaan tanpa melakukan percobaan pada kota sebenarnya, yang mana akan memakan biaya. Anggapan dasar dari proses peramalan kebutuhan perjalanan perkotaan adalah tata guna lahan untuk waktu mendatang tertentu diharuskan berdasarkan kebutuhan perjalanan. Terdapat asumsi bahwa kebutuhan perjalanan pada masa yang akan datang dalam hal pengembangan lahan dapat diramalkan secara matematis dan asumsi itu memungkinkan untuk mendesain sistem transportasi yang mencukupi kebutuhan perjalanan yang telah diramalkan.
                Jelas sudah bahwa perencanaan perkotaan dan perencanaan transportasi akan terus-menerus sangat saling mempengaruhi. Karena sistem perkotaan peningkatannya dibentuk oleh sistem transportasi. Hal ini telat menjadi kenyataan akhir-akhir ini, terutama berkenaan denga tata guna lahan.

0 comments:

Post a Comment